Nama               : Risdawati Hutabarat
NPM               : 1215031064
Kelompok       : 7 (tujuh)
Percobaan        : 3, Modulasi Digital


TUGAS PENDAHULUAN

1.    Apa yang dimaksud dengan Modulasi ? Mengapa sinyal harus dimodulasi ?
2.    Apa yang dimaksud modulasi digital ?
3.    Jelaskan kelebihan modulasi digital dibandingkan modulasi analaog !
4.    Jelaskan tipe-tipe modulasi digital !

JAWABAN
1.    Modulasi adalah proses penumpangan sinyal informasi asli terhadap gelombang pembawa (carrier) dengan mengatur parameter gelombang pembawa yang memiliki frekuensi tinggi. Dengan memanfaatkan karakteristik masing-masing sinyal, maka modulasi dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal informasi. Sebuah sinyal harus di modulasikan, karena sinyal informasi seperti suara dan gambar berfrekuensi rendah. Karena kekuatan frekuensi yang rendah itu terbatas maka perlu ditumpangkan ke frekuensi yang lebih tinggi agar bisa menjangkau daerah yang lebih luas.  Sebab itulah sebuah gelombang perlu di modulasi.

2.    Modulasi digital adalah proses penumpangan sinyal digital (bit stream) ke dalam sinyal pembawa. Modulasi digital sebenarnya adalah proses mengubah-ubah karakteristik dan sifat gelombang sinyal pembawa sedemikian rupa sehingga bentuk hasilnya (sinyal pembawa modulasi) memiliki ciri-ciri dari bit-bit (0 atau 1).
3.    Adapun kelebihan modulasi digital dibandingkan dengan modulasi analog yaitu :
-          Pada modulasi digital lebih stabil dan lebih tahan terhadap noise atau gangguan lainnya.
-          Kapasitas informasi yang lebih besar dibandingkan dengan modulasi analog, juga pada pengirimannya sinyal digital mampu mengirimkan data lebih cepat
-          Pada modulasi digital tinkat kesalahan yang kecil dibandingkan dengan modulasi analog
-          Tidak mudah terpengaruh dengan pengaruh cuaca dan lingkungan sekitar.
-          Jarak jangkuannya bisa melebihi jarak jangkauan dari modulasi analog.

4.    Terdapat 3 tipe pada modulasi digital yaitu :
a.    Sistem ASK (Amplitude Shift Keying) atau pengiriman sinyal digital berdasarkan pergeseran amplitudo merupakan modulasi dengan mengubah-ubah amplitudonya.
     Dalam proses modulasi ini kemunculan frekuensi gelombang pembawa tergantung pada ada atau tidak adanya sinyal informasi digital. Keuntungan yang diperoleh dari metode ini adalah bit per baud (kecepatan digital) lebih besar.

b.    Frequency Shift Keying (FSK) dengan kata lain pengiriman sinyal melalui penggeseran frekuensi. Metoda ini merupakan suatu bentuk modulasi yang memungkinkan gelombang modulasi menggeser frekuensi output gelombang pembawa. Pergeseran ini terjadi antara harga-harga yang telah ditentukan semula dengan gelombang output yang tidak mempunyai fase terputus-putus. Dalam proses modulasi ini besarnya frekuensi gelombang pembawa berubah-ubah sesuai dengan perubahan ada atau tidak adanya sinyal informasi digital.
c.         Phase Shift Keying (PSK) atau pengiriman sinyal melalui pergeseran fase. Metode ini merupakan suatu bentuk modulasi fase yang memungkinkan fungsi pemodulasi fase gelombang termodulasi di antara nilai-nilai diskrit yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam proses modulasi ini fase dari frekuensi gelombang pembawa berubah-ubah sesuai dengan perubahan status sinyal informasi digital. Sudut fase harus mempunyai acuan kepada pemancar dan penerima.


0 komentar: