Nama   : Risdawati Hutabarat
NPM   : 1215031064
TUGAS PENDAHULUAN
1.    Jelaskan apa itu modulasi ?
2.    Jelaskan kenapa harus ada modulasi ?
3.    Sebutkan kelebihan dan kekurangan modulasi amplitudo ?
4.    Sebutkan perbedaan AM, FM, PM ?
5.    Sebutkan faktor yang mempengaruhi Modulasi Amplitudo ?

JAWABAN
1.    Modulasi adalah proses pencampuran dua sinyal yang berbeda menjadi satu. Sinyal yang dimaksud disini adalah sinyal input biasanya berfrekeunsi rendah dengan sinyal pembawa (carrier) yang berfrekuensi tinggi sehingga informasi dapat tersampaikan.
2.    Adapun tujuan dari modulasi adalah agar proses transmisi menjadi efisien atau memudahkan pemancaran, apabila ada masalah perangkat keras akan menjadi lebih mudah, dapat menekan derau atau interferensi, dapat memudahkan pengaturan alokasi frekuensi radio dan dapat juda digunakan sebagai multiplexing yaitu proses penggabungan beberapa sinyal informasi untuk disalurkan secara bersama-sama melalui satu kanal transmisi.
3.    Modulasi amplitudo adalah modulasi yang paling mudah dan sederhana untuk dilakukan ,tetapi adapun kekurangannya yaitu mudah dipengaruhi oleh keadaan transmisinya. Seperti  redaman oleh udara, noise, interferensi dan bentuk-bentuk gangguan lainnya.
4.    Berikut adalah perbedaan antar AM, FM dan PM
     Amplitude Modulation (AM)
     Pada modulasi amplitudo ini proses modulasi yang terjadi adalah dengan merubah-ubah amplitudo gelombang pembawa sesuai dengan perubahan amplitudo gelombang informasinya.
    Frequency Modulation (FM)
     Pada modulasi frekuensi ini proses modulasi yang terjadi  adalah dengan mengubah-ubah frekuensi gelombang pembawa sesuai dengan perubahan frekuensi sinyal informasi
     Phase Modulaiom (PM)
     Pada modulasi fase ini proses modulasinay menggunakan perbedaan sudut (phase) dari sinyal analog untuk membedakan kedua keadaan sinyal digital.
5.    Ada tiga faktor yang mempengaruhi modulasi amplitudo yaitu bentuk gelombang, frekuensi modulasi dan frekuensi carier.

0 komentar: