Nama  : Risdawati Hutabarat
NPM   : 1215031064
Tugas Kewirausahaan : Apa saja usaha-usaha usaha yang spekulatif.


Sebelum menjelaskan apa saja usaha yang spekulatif itu, maka sebelumnya adalah mengetahui apa perbedaan antara usaha spekulatif dan usaha riil.
Seorang wirausaha adalah menggeluti usaha tidak sekedar ala kadarnya, akan tetapi dengan keberanian, kegigihan sehingga usahanya tumbuh, bersahabat dengan ketidakpastian. Menjalankan usaha yang Riil, bukan spekulatif

 Usaha yang sesungguhnya (real)

-Didasarkan motif untuk melayani dan memperoleh kemandirian
-Dengan ketulusan, kerjakeras dan inovasi
-Bukan jalan pintas, cara cepat menjadi kaya
-Membangun secara bertahap
-Menjaga nama baik, membangun reputasi
-Bukan sekedar passive income, tetapi riil
-Pendidikan, persahabatan, spiritualitas sangat penting.

Usaha Spekulatif

Usaha Spekulatif adalah suatu usaha yang bersifat tidak pasti atau dengan kata lain spekulatif. Usaha yang satu ini juga termasuk usaha yang diminati oleh para peusaha muda yang ingin memulai usaha tanpa modal atau modal yang sangat kecil. Ada banyak jenis usaha spekulatif yang bisa dipilih sebagai usaha sampingan atau usaha coba – coba. Usaha ini biasanya diminati oleh para pelajar universitas yang ingin mendapat penghasilan tambahan untuk uang jajan atau sebagai modal untuk memulai suatu usaha. Walaupun usaha ini termasuk dalam kategori tidak pasti, namun banyak sekali lahan pekerjaan dalan jenis usaha ini dan banyak peminatnya.

Usaha Spekulatif ini juga banya dilakukan oleh ibu – ibu rumah tangga yang ingin mempunyai penghasilan sendiri walaupun penghasilan dari usaha sampingan ini relatif kecil bila dibandingkan dengan usaha riil lainnya. Ada banyak contoh usaha di bidang usaha ini. Sebagai contoh yang popular adalah peluang usaha yang banyak terfapat di internet. Sering kita temui slogan usaha seperti “cari duit di internet” atau yang lain yang dapat menarik minat terutama anak muda yang menghabiskan waktu dengan browsing internet.







Usaha ini mencakup usaha yang meminta anggotanya untuk membayar sejumlah uang sebelum dapat mulai bekerja.Namun, banyak juga usaha di internet yang tidak mengharuskan anggotanya untuk membayar sejumlah uang, sepereti usaha islami yaitu usaha dalam bidan pejualan. Usaha Spekulatif ini juga cukup mudah dijalankan karena anda hanya harus menjadi penjual tanpa memikirkan bagaimana proses produksinya. Ini seperti anda bekerja pada took muslim tapi ini versi online.
Berikut adalah cirri-ciri dari usaha spekulatif :

-Didasarkan motif ingin cepat kaya
-Mengedepankan cara-cara instant
-Mendewa-dewakan “passive income”
-Tidak peduli kerugian pihak lain, yang penting, “saya untung”
-Pendidikan dan kehidupan spiritual tidak dianggap penting
-Kebanyaan usaha ini dialkukan secara instan dan tujuanya adalah uang dan uang,ingin cepat kaya,ingin punya uang banyak dalam waktu singkat tanpa prosess yang lama






2 komentar:

Makasih ya bermanfaat, barakallahufiik :)

thanks sangat bermamfaat.